B. KISI-KISI UJIAN NASIONAL PROGRAM
PAKET B
6.
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PROGRAM PAKET B
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
1.
|
Memahami
konsep dasar kehidupan
|
Menjelaskan
hakikat norma dalam kehidupan
|
|
|
bermasyarakat, berbangsa dan
|
bermasyarakat, berbangsa, dan
bernegara.
|
|
|
bernegara
dengan mendeskripsikan
|
Menjelaskan
perwujudan Pancasila sebagai
|
|
|
dan
mengaplikasikan norma dan
|
dasar negara/
pandangan hidup bangsa.
|
|
|
ideologi serta
Pancasila sebagai
|
|
|
|
Menunjukkan
sikap/ perilaku positif terhadap
|
|
|
|
dasar
negara/pandangan hidup
|
Pancasila.
|
|
|
bangsa.
|
|
|
2.
|
Memahami
konsep dasar kehidupan
|
Mengidentifikasi
asas, bentuk, kewajiban yang
|
|
|
bermasyarakat,
berbangsa dan
|
harus dipatuhi
dalam mengemukakan pendapat
|
|
|
bernegara, dengan
mendeskripsikan,
|
di Indonesia.
|
|
|
mengidentifikasi,
mengaplikasi dan
|
Mengidentifikasi
hak/kewajiban dalam
|
|
|
menganalisis
pelaksanaan otonomi
|
mengemukakan
pendapat.
|
|
|
daerah;
kemerdekaan
|
|
|
|
Mengidentifikasi
kewenangan pemerintah
|
|
|
|
mengemukakan
pendapat, sikap
|
pusat/pemerintah
daerah dalam pelaksanaan
|
|
|
positif
terhadap kemerdekaan
|
otonomi
daerah.
|
|
|
mengemukakan
pendapat; hak dan
|
|
|
|
Menjelaskan
asas-asas dalam otonomi daerah.
|
|
|
|
kewajiban warga negara;
|
|
|
|
Menjelaskan
pentingnya partisipasi masyarakat
|
|
|
|
kewarganegaraan;
kedaulatan rakyat
|
dalam
perumusan kebijakan publik di daerah.
|
|
|
dan sistem politik, budaya
|
|
|
|
Menjelaskan
bentuk usaha pembelaan negara.
|
|
|
|
demokrasi; peristiwa proklamasi
|
|
|
|
Mengidentifikasi perilaku
demokratis dan
|
|
|
|
kemerdekaan dan pembelaan
negara.
|
prinsip-prinsip demokrasi.
|
|
|
|
Menjelaskan
makna “kedaulatan berada di
|
|
|
|
tangan rakyat”.
|
|
|
|
Menjelaskan
hubungan antara proklamasi
|
|
|
|
kemerdekaan
dengan Pembukaan/ Batang
|
|
|
|
Tubuh UUD 1945.
|
|
3.
|
Memahami
konsep dasar kehidupan
|
Menjelaskan
arti pentingnya penegakan HAM.
|
|
|
bermasyarakat,
berbangsa dan
|
Menjelaskan
alasan yang melatarbelakangi
|
|
|
bernegara,
dengan mendeskripsikan,
|
berlakunya
kembali Tap MPR.
|
|
|
mengidentifikasi,
mengaplikasikan
|
|
|
|
Menjelaskan
tujuan diberlakukannya
|
|
|
|
dan
menganalisis perundang-
|
amandemen UUD
1945.
|
|
|
undangan
nasional dan proses
|
|
|
|
Mengidentifikasi
akibat dari perilaku korupsi.
|
|
|
|
pembuatannya, instrumen dan
|
|
|
|
Mengidentifikasi faktor
pendukung/
|
|
|
|
institusi
penegakan dan
|
penghambat
upaya pemberantasan korupsi.
|
|
|
perlindungan
HAM, perumusan
|
|
|
|
konstitusi
pertama, konsititusi yang
|
|
|
|
pernah berlaku
di Indonesia dan
|
|
|
|
amandemen UUD
1945, sistem
|
|
|
|
pemerintahan,
sistem hukum dan
|
|
|
|
peradilan
nasional serta upaya
|
|
|
|
pemberantasan korupsi
|
|
|
4.
|
Memahami
konsep dasar kehidupan
|
Mengidentifikasi
dampak positif/negatif
|
|
|
bermasyarakat, berbangsa, dan
|
globalisasi dalam bidang
tertentu
|
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
|
bernegara
dengan cara
|
Mengidentifikasi
upaya dalam memasuki era
|
|
mendeskripsikan,
mengidentifikasi
|
globalisasi dan faktor
penghambat internal.
|
|
dan
menganalisis potensi diri untuk
|
Menjelaskan
peran Pancasila dalam
|
|
berprestasi dan pengaruh
globalisasi
|
menghadapi era globalisasi
|
|
|
Menjelaskan
potensi diri dan cara-cara untuk
|
|
|
mengetahui keberadaannya.
|
|
|
Mengindentifikasi
upaya untuk berprestasi
|
|
|
dalam kehidupan
|
0 Komentar