Kisi-kisi Paket PKN Paket B

Jumat, 05 Juli 2013


B. KISI-KISI UJIAN NASIONAL PROGRAM PAKET B

6.  PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PROGRAM PAKET B

NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR

1.
Memahami konsep dasar kehidupan
Menjelaskan hakikat norma dalam kehidupan


bermasyarakat, berbangsa dan
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.


bernegara dengan mendeskripsikan
Menjelaskan perwujudan Pancasila sebagai


dan mengaplikasikan norma dan
dasar negara/ pandangan hidup bangsa.


ideologi serta Pancasila sebagai



Menunjukkan sikap/ perilaku positif terhadap


dasar negara/pandangan hidup
Pancasila.


bangsa.


2.
Memahami konsep dasar kehidupan
Mengidentifikasi asas, bentuk, kewajiban yang


bermasyarakat, berbangsa dan
harus dipatuhi dalam mengemukakan pendapat


bernegara, dengan mendeskripsikan,
di Indonesia.


mengidentifikasi, mengaplikasi dan
Mengidentifikasi hak/kewajiban dalam


menganalisis pelaksanaan otonomi
mengemukakan pendapat.


daerah; kemerdekaan



Mengidentifikasi kewenangan pemerintah


mengemukakan pendapat, sikap
pusat/pemerintah daerah dalam pelaksanaan


positif terhadap kemerdekaan
otonomi daerah.


mengemukakan pendapat; hak dan



Menjelaskan asas-asas dalam otonomi daerah.


kewajiban warga negara;



Menjelaskan pentingnya partisipasi masyarakat


kewarganegaraan; kedaulatan rakyat
dalam perumusan kebijakan publik di daerah.


dan sistem politik, budaya



Menjelaskan bentuk usaha pembelaan negara.


demokrasi; peristiwa proklamasi



Mengidentifikasi perilaku demokratis dan


kemerdekaan dan pembelaan negara.
prinsip-prinsip demokrasi.



Menjelaskan makna “kedaulatan berada di



tangan rakyat”.



Menjelaskan hubungan antara proklamasi



kemerdekaan dengan Pembukaan/ Batang



Tubuh UUD 1945.

3.
Memahami konsep dasar kehidupan
Menjelaskan arti pentingnya penegakan HAM.


bermasyarakat, berbangsa dan
Menjelaskan alasan yang melatarbelakangi


bernegara, dengan mendeskripsikan,
berlakunya kembali Tap MPR.


mengidentifikasi, mengaplikasikan



Menjelaskan tujuan diberlakukannya


dan menganalisis perundang-
amandemen UUD 1945.


undangan nasional dan proses



Mengidentifikasi akibat dari perilaku korupsi.


pembuatannya, instrumen dan



Mengidentifikasi faktor pendukung/


institusi penegakan dan
penghambat upaya pemberantasan korupsi.


perlindungan HAM, perumusan



konstitusi pertama, konsititusi yang



pernah berlaku di Indonesia dan



amandemen UUD 1945, sistem



pemerintahan, sistem hukum dan



peradilan nasional serta upaya



pemberantasan korupsi


4.
Memahami konsep dasar kehidupan
Mengidentifikasi dampak positif/negatif


bermasyarakat, berbangsa, dan
globalisasi dalam bidang tertentu



                                                                                                                             

NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR

bernegara dengan cara
Mengidentifikasi upaya dalam memasuki era

mendeskripsikan, mengidentifikasi
globalisasi dan faktor penghambat internal.

dan menganalisis potensi diri untuk
Menjelaskan peran Pancasila dalam

berprestasi dan pengaruh globalisasi
menghadapi era globalisasi


Menjelaskan potensi diri dan cara-cara untuk


mengetahui keberadaannya.


Mengindentifikasi upaya untuk berprestasi


dalam kehidupan





Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger